Sejarah Nama Jalan Malioboro

da berbagai pendapat tentang asal-usul nama Jalan Malioboro. Salah satunya adalah berasal dari nama Jenderal asal Inggris Duke of Malborough. Namun menurut Carey, pendapat ini sangat tidak mungkin. Alasan utamanya adalah karena keberadaan Malioboro sebagai jalan utama kerajaan sudah ada lebih dahulu sejak kota Yogyakarta didirikan oleh Hamengkubuwono I pada tahun 1756. Sementara Inggris sendiri berkuasa di Indonesia baru tahun 1811-1816.

Menurut Peter Carey, adalah paling tepat jika asal-usul nama Malioboro dikaitkan dengan bahasa sanskerta malyhabara. Istilah malyha memiliki pengertian untaian bunga, sementara istilah Malyhabarin berarti menyandang untaian bunga. Istilah ini sudah ada lebih awal dari berdirinya kota Yogyakarta, yakni dapat dilihat di dalam kitab Ramayana abad ke-9, kitab Adiparwa dan Wirathaparwa abad ke-10, dan Parthawijaya abad ke-14.

Jadi, secara harfiah dapat diartikan bahwa Jalan Malioboro jika terjemahkan menjadi jalan yang bertaburkan untaian bunga. Ini cukup masuk akal, karena sebagai jalan utama menuju Istana Keraton Jogja, dalam ritual penyambutan tamu biasanya terdapat pemberian untaian bunga.

info